Selamat datang di Warung EMBAH # Blog ini dibuat sejak Oktober 2013 # Motivasi utama untuk berbagi informasi, pengalaman, banyolan, dan lain-lain # Silahkan dilihat, dibaca dan jangan lupa komentarnya # Yang mau jadi followers/member silahkan jangan malu-malu # Semoga bermanfaat...

Saturday, October 19, 2013

Usaha Warung Sembako / Toko Kelontong

Dalam membuka sebuah warung kelontong, modal yang harus Anda keluarkan sebenarnya tidak terlalu banyak juga. Hanya dengan modal sekitar 3 hingga 5 juta saja Anda sudah bisa membuka bisnis yang satu ini. Perlengkapan lain yang juga harus Anda siapkan adalah lahan yang cukup untuk membuka bisnis yang satu ini. Modal tersebut kemudian bisa Anda alokasikan untuk membeli produk kebutuhan sehari-hari yang banyak dicari oleh para pelanggan. Pastikan produk tersebut memiliki masa expired yang masih lama sehingga Anda tidak akan merugi nantinya. Produk yang Anda jual juga sebaiknya memiliki harga yang bersaing sehingga tidak kalah dengan produk yang ada di mini market. Warung kelontong sejatinya memang menyajikan produk untuk pelanggan dengan harga yang lebih murah tentunya.

Bisnis yang Cepat Balik Modal


Modal yang Anda keluarkan untuk membuka bisnis ini juga akan segera kembali lagi kepada Anda jika mampu mengelola bisnis ini dengan baik. Bisnis warung kelontong merupakan jenis bisnis yang menguntungkan karena faktor yang satu ini. Bagi Anda yang mempunyai tempat tinggal yang strategis dan dekat dengan jalan raya, tidak ada salahnya untuk membuka toko kelontong ini. Di samping itu Anda juga akan bisa mendapatkan banyak keuntungan karena siapapun bisa datang dan membeli produk yang diinginkan di toko Anda karena tempat Anda dekat dengan jalan raya. Warung kelontong juga merupakan jenis bisnis yang mampu mencukupi kebutuhan Anda sehari-hari.
Setelah Anda balik modal dari bisnis ini, saatnya untuk masuk ke tahap yang berikutnya yakni bagaimana cara untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh warung kelontong Anda tersebut. Potensi yang dimiliki oleh warung kelontong sebenarnya bisa dimaksimalkan dengan baik oleh pemiliknya, asalkan mereka tahu bagaimana caranya. Anda mungkin bisa juga menambahkan produk yang sebelumnya tidak Anda jual di toko tersebut. Mengingat Anda sudah balik modal, tidak ada salahnya kan melakukan hal ini, karena ada kemungkinan hal tersebut malah akan membuat Anda lebih populer lagi. Warung kelontong Anda juga bisa dikembangkan menjadi lebih besar lagi.

 Cikal bakal Warung EMBAH

Tahap 1

Tahap 2



Tahap 3


Berikut beberapa tips rahasia sukses warung sembako / toko kelontong :

1. Kelengkapan Barang
Kelengkapan barang merupakan sebuah prioritas bagi sebuah warung sembako, mengapa demikian? karena pembeli tidak mau mengerti mengenai modal kita yang kecil atau apapun itu alasan kita, yang jelas si pembeli ingin barang kita berada dalam posisi lengkap. Mungkin dari para pembaca sekalian pernah berbelanja di sebuah warung, dan ternyata barang yang ingin kita beli tidak ada, pasti ada rasa sedikit kecewa, dan ketika suatu saat ingin membeli barang yang pernah tidak ada di warung tersebut, pastinya kita tidak akan mampir dan langsung mencari warung yang lain walau sedikit jauh.
Dari uraian diatas, sebenarnya kita dapat mengakalinya bila kita memiliki usaha warung sembako, dengan cara membeli barang berbagai macam tetapi stok hanya beberapa saja, demi menjaga warung tetap lengkap. Dengan cara demikian, waya jamin konsumen akan datang berbelanja kembali ditempat anda.

2. Harga barang bersaing
Usahakan mengambil laba sepantasnya saja, bila sekiranya barang yang kita jual mudah untuk lakunya (kopi, gula, rokok, tepung, sabun, dll) kita bisa mengambil untung, Rp.500 s/d 1500. Untuk barang yang sedikit sulit untuk keluarnya (pembersih lantai, pembersih kaca, sikat gigi, dll) kita dapat mengambil untung Rp.1000 s/d 3000. Tapi tidak serta merta anda menaikan sampai Rp.3000 semua barang anda, perlu anda ingat "ambil untung dengan sepantasnya" terserah anda, yang penting barangnya tidak terlalu mahal dan tetap pantas dengan harga yang anda berikan.

3. Pelayanan
Pelayanan yang baik, akan mendatangkan konsumen yang baik. Siapa yang nggak senang dengan pelayanan yang baik, semua orang senang dengan pelayanan yang baik. Walaupun harga barang yang kita jual murah, tapi kalau tak dilayani dengan baik, maka lama kelamaan pelanggan anda akan berkurang. Memberi pelayanan yang baik tidak akan rugi, minimal pelanggan yang sudah ada tidak akan berbelanja diwarung lain (rival anda)

4. Menejemen Keuangan
Biar kata uang banyak, kalau gak mampu menejemen ya akan habis juga, Menejemen yang baik berawal dari pembukuan, Buatlah pembukuan untuk usaha warung anda, kalau tidak bisa membuatnya, silahkan bertanya kepada orang yang lebih tahu, sisahkan laba dalam sehari dan jangan digunakan dahulu, akhir minggu atau bulan barulah digunakan laba tersebut untuk Kebutuhan 60%, Tambahan Modal 30%, dan Sedekah Pendapatan boleh memberi 2.5% s/d 10%.

Demikian beberapa aspek pendukung dalam usaha Warung Sembako /  Kelontong, semoga sedikit tulisan saya ini bisa membantu dalam usaha anda. Terimakasih.

12 comments:

  1. Nice share,sukses warungnya gan

    ReplyDelete
  2. Artikelnya bermanfaat, terimakasih bro :)

    ReplyDelete
  3. maaf mau tanya modal 2,5 juta bisa gk ya.dan fokuskan untk barang ap aja.makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. brp pun modalnya menurut sy tdk mslh yg penting kemauan sj, utk modal sgitu sebaiknya memilih brng yg sering dibeli orang seperti rokok, minuman2 ringan (granita,oki jeli,dll), jajanan anak2 (snack dll), smoga membantu...

      Delete
  4. keren infonya gan, kebetulan saya mau buka warung juga, makasih

    ReplyDelete
  5. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya hendra,saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusahan diYogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusahan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utang yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai songo degan nomornya 085 217 519 919 dari sana saya coba menghubungi beliau,awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH,CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL,PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai songo pimpinan pondok pesantren.dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksud yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada kiyai songo atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan klik www.paranormal-kisongo.blogspot.com
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi,Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat.Amin

    ReplyDelete
  6. Bingung cari agen supplie sembako dengan harga murah dan kualitas yang tidak murahan? Jangan bingung sekaran ini sudah tersedia supplier sembako murah yuk cek kami di BerkahKulina

    ReplyDelete