Selamat datang di Warung EMBAH # Blog ini dibuat sejak Oktober 2013 # Motivasi utama untuk berbagi informasi, pengalaman, banyolan, dan lain-lain # Silahkan dilihat, dibaca dan jangan lupa komentarnya # Yang mau jadi followers/member silahkan jangan malu-malu # Semoga bermanfaat...

Tuesday, October 22, 2013

Pola Tidur Unik dan Menarik di Kantor



Tidur adalah merupakan suatu kondisi istirahat alami yang dialami oleh manusia dan hewan-hewan lainnya yang sangat penting untuk kesehatan. (organisasi. Org komunitas). Setiap manusia membutuhkan waktu tidur kurang lebih sekitar sepertiga waktu hidupnya atau sekitar 6-8 jam sehari. Secara alami dan otomatis jika tubuh lelah maka kita akan merasa mengantuk sehingga memaksa tubuh kita untuk beristirahat secara fisik dan mental.

Dengan waktu tidur yang cukup maka kita akan merasa segar bugar ketika bangun pagi dan siap melakukan berbagai aktifitas sepanjang hari dari pagi hingga malam. Normalnya manusia tidur pada saat malam hari hingga pagi hari, namun tidak jarang ada orang yang bisa tidur dari siang sampai malam hari karena tuntutan pekerjaan atau karena sudah terbiasa.

Lalu apa definisi tidur? Sebagai acuan, tidur bisa diartikan sebagai bagian dari periode alamiah kesadaran yang terjadi ketika tubuh direstorasi (diperbaiki) yang dicirikan oleh rendahnya kesadaran dan keadaan metabolisme tubuh yang minimal. Secara otomatis, otak kita memprogram untuk tidur begitu gelap datang dan terbangun ketika terang tiba. Pun kita bisa tidur kapan saja, baik karena mengantuk ataupun dipengaruhi obat-obatan. (Achmanto Mendatu.2006)

Pola tidur

Tidur berkualitas sangat penting dalam memaksimalkan pertumbuhan tinggi badan. Sebab hormon pertumbuhan bekerja ”penuh” sewaktu tidur. Semakin berkualitas tidur seseorang, maka hormon pertumbuhan semakin bekerja optimal. Dan itu artinya akan menghasilkan pertambahan tinggi badan secara optimal pula. Coba mengukur tinggi badan pada pagi hari tepat setelah bangun tidur. Mungkin akan kaget. Sebab meskipun telah dewasa (tidak lagi dalam masa pertumbuhan), namun tinggi badan akan bertambah sewaktu bangun tidur (biasanya 1-2 cm). Ini disebabkan oleh karena adanya pertambahan panjang tulang rawan pada punggung dan kaki. Namun pertambahan ini bersifat sementara saja. Pada sore hari tinggi badan kembali seperti semula oleh karena berbagai aktifitas yang anda lakukan dan oleh karena gaya gravitasi bumi. Oleh karena itu, dalam melaksanakan program peninggi badan alami ini, nantinya kualitas tidur harus ditingkatkan untuk meraih hasil yang optimal. Tidur yang sangat menunjang bagi pertumbuhan badan adalah tidur lelap (deep sleep) selama kurang lebih 7-8 jam tanpa terputus-putus, tanpa perasaan gelisah. (w w w . j o u r n a l s l e e p . o r g, 2001)

Lalu bagaimana dengan pola tidur dikantor

Setelah makan siang, tidak sedikit orang yang justru merasa lelah dan mengantuk, meski harus tetap beraktivitas. Bagi pekerja kantoran, sebaiknya siasati waktu untuk bisa tidur siang sejenak. Kurang tidur, kelelahan dan stres bisa menurunkan kewaspadaan otak yang dapat menyebabkan orang mengantuk dan kurang konsentrasi. Tidur pendek (napping) 20-40 menit saat waktu istirahat bisa kembali menyegarkan otak dan mengurangi kelelahan.

Secara biologis, tubuh memang memerlukan tidur pendek (nap), karena pada malam dan tengah hari rangsangan biologi mempunyai kewaspadaan yang rendah. Tidur pendek akan meningkatkan kebugaran dan kewaspadaan. Oleh karena itu, ada dua periode waktu tidur, yaitu waktu tidur malam yang panjang dan siang yang pendek.

Dengan tidur sejenak 20 sampai 40 menit diharapkan pekerja dapat kembali mendapatkan kebugaran dan tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak diharapkan, misalnya kecelakaan kerja yang disebabkan karena kelelahan.

Dan tahukah anda bahwa ternyata gaya tidur di kantor bermacam-macam, hal ini dikarenakan keterbatasan tempat dan waktu, untuk menghilangkan rasa kantuk walau sekejap saja.

Berikut beberapa fakta unik dan menarik seputar gaya tidur dikantor :

"Tidur Santai"

"Tidur Beneran"

"Tidur Pules"


"Tidur Sakit"

"Tidur Kepalsuan"

"Tidur Kegalauan"

"Tidur Kelaparan"

"Tidur Belum Gajian"

Ga Tau Tidur Apaan :D



Ada baiknya apabila ingin tidur dikantor, pastikan diluar jam kerja atau jam istirahat. Karena akan berakibat pada performa kerja anda kepada atasan. Semoga sedikit tulisan saya ini bisa bermanfaat, paling tidak dapat membuat anda tersenyum..... Terimakasih

No comments:

Post a Comment