Selamat datang di Warung EMBAH # Blog ini dibuat sejak Oktober 2013 # Motivasi utama untuk berbagi informasi, pengalaman, banyolan, dan lain-lain # Silahkan dilihat, dibaca dan jangan lupa komentarnya # Yang mau jadi followers/member silahkan jangan malu-malu # Semoga bermanfaat...

Sunday, November 2, 2014

Contoh Surat Pengunduran Diri / Resign


Pastinya anda sudah sering mendengar kata “Surat pengunduran diri“. Surat pengunduran diri adalah sebuah surat yang ditujukan oleh pegawai pada perusahaan tempat bekerja untuk berhenti bekerja.  Dan tujuan utama dari Surat Pengunduran Diri tersebut adalah untuk memperlihatkan kesopanan kita pada perusahaan dimana tempat kita bekerja dan untuk menjaga hubungan baik kita dengan perusahaan, meskipun kita sudah berhenti bekerja.

Disini saya akan memberikan contoh surat pengunduran diri, tapi sebelum itu saya akan memberikan beberapa hal yang menurut saya penting dan harus anda ketahui dalam menulis surat resign/pengunduran diri. Hal – hal penting yang saya maksud ketika anda ingin mengajukan surat resign tersebut adalah :
  1. Tulislah surat pengunduran diri anda dengan singkat, jelas dan padat, dan usahakan bahasa yang anda gunakan adalah bahasa yang manis dan sopan.
  2. Agar tidak menimbulkan tanda tanya besar dan pemikiran negatif oleh atasan dan teman kantor anda , tidak ada salah nya jika anda memberikan ucapan terima kasih, rasa bangga, dan pujian secukupnya untuk perusahaan dan rekan-rekan seperjuangan anda di kantor yang akan anda tinggalkan.
  3. Ada baiknya jika anda tetap merahasiakan dan tidak membeberkan secara rinci di dalam lisan maupun tulisan mengenai alasan mengapa anda memilih mengundurkan diri.
  4. Sebelum anda benar-benar berhenti untuk bekerja, berilah kesempatan kepada atasan dan teman kerja anda untuk mencari pengganti anda. Biasanya perusahaan juga akan meminta waktu agar anda bersedia untuk melakukan training pengalihan kerja kepada orang atau karyawan yang akan menggantikan anda.
  5. Berikan kenang-kenangan atau cinderamata jika perlu agar anda juga meninggalkan kesan yang baik di perusahaan yang akan anda tinggalkan tersebut. 

Berikut beberapa contoh Surat Pengunduran Diri tersebut.

Bahasa Indonesia : 

Jakarta, 3 Oktober  2014
Kepada Yth, HRD Manager
PT. Alim Rugi
Jl. Imam Bonjol
Di,-
Tempat

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya Ujang bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Alim Rugi sebagai karyawan, terhitung sejak tanggal 4 Oktober 2012.
Saya menyampaikan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Alim Rugi. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen, apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.
Saya berharap selalu, PT. Alim Rugi dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat Saya,

Ujang



Denpasar, 10 Juni 2014
Kepada, Yth
HRD Manager
PT. Mahardika
Jl. Gunung Agung, No. 15
Denpasar

Dengan Hormat

Melalui surat ini saya Ahmad Zakaria bermaksud mengundurkan diri dari PT. Mahardika sebagai Marketing Manager, terhitung sejak tanggal (tgl__Bln__Thn__)

Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di perusahaan yang Bapak pimpin. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Mahardika apabila terdapat kesalahan yang saya lakukan selama bekerja

Saya berharap PT. Mahardika dapat terus berkembang dan mendapatkan yang terbaik

Hormat Saya

Ahmad Zakaria


Denpasar, 20 agustus 2014
Kepada, Yth, Kepala. HRD PT. Mahardika

Dengan Hormat

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Mahardika berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang karyawan dan Undang - Undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : _____________
Departemen : _____________
Jabatan : _____________
No Karyawan : _____________

Bermaksud mengajukan pengunduran diri dari PT. Mahardika karena sakit yang saya derita. Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial dan tanpa motivasi negatif. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak - hak sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sebenarnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini saya ucapkan terimakasih

Hormat Saya

Wildan




Bahasa Inggris :


Jakarta, (date)

Mr. ......
(company name)
(complete address)

Dear Sir.....,

This is to formally notify you that I am tendering my resignation from PT……….. as (your title) and wish to advise you that (date) will be my last day of employment.

My experience with PT. ……………....has been very rewarding. I appreciate having had the opportunity to work for such a fine company. I wish you and the organization continued success.

sincerely,

(your name)



Jakarta, (date)

HRD Department
PT. ...
(complete address)
(city, state, zip)

Dear Sir,

Please accept my resignation from PT. ..(old company), effective (date). I have recently been offered an opportunity in the PT. ..(new company), and have decided that this position best suit my future career plan.

Leaving PT. .. (old company) was not an easy decision. PT. ..(old company) was the first company I worked for. ... year-plus experience with PT. ..(old company) have both personally and professionally rewarding and I appreciate the interest you have shown in my career since I joined the company, especially by giving me opportunity to continue my study. I wish the company only the best for the future. I will always be proud to say I started my career with PT. ...(old company).

I wish for your understanding in my decision and apologize for the inconvenience caused by my leaving. Within a month, I will transfer all my responsibilities to the persons in charge. Once again, I thank you and PT. ..(old company) for giving me so much.

Sincerely yours,

(your name)



Dear (Tulis : Nama Penerima)

As required by my contract of employment, I hereby give you (Tulis: batas akhir keluar dari perusahaan, misalnya one, two) weeks' notice of my intention to leave my position as (Tulis : Jabatan di tempat kerja).

I wish both of you and (Tulis : Nama Nama Boss) every good fortune and I would like to thank you for having me as part of your team.

Yours sincerely,
(Tanda Tangan Anda) 

No comments:

Post a Comment